120 So'al UP UKMPPG PAI Sesuai Kisi-Kisi Lengkap Dengan jawaban




PENAEDUCASI.BLOGSPOT.COM - Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa UP (Uji Pengetahuan)  dalam PPG adalah termasuk hal yang sangat penting dalam menentukan kelulusan PPG Dalam Jabatan, maka dari itu saya sertakan  update 120 so'al UP UKMPPG Mapel PAI lengkap dengan jawaban sebagai bahan latihan sebelum pelaksanaan UP,  sebagaimana dibawah ini : 

1. Pak Zaenal adalah seorang insiyur pertanian di kota Surabaya. Pak Zaenal ingin mengaplikasikan ilmunya, akan tetapi pak Zaenal tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam. Pak Zaenal mempunyai sahabat di Kota Bangkalan yang bernama Pak sahlun. Pak sahlun terkenal sebagai juragan tanah di kotanya. Pak Zaenal kemudian menyewa sebidang tanah pada Pak Sahlun untuk dijadikan lahan pertanian dengan biaya Rp. 10.000.000 per tahun. Pak Zaenal kemudian menggunakan lahan yang telah disewa untuk menanam Ubi Cilembu. Untuk mengurus lahan tersebut, Pak Zaenal dibantu Oleh 6 Orang pekerja. Setelah 6 bulan, Ubi Cilembu yang ditanam oleh pak Zaenal ternyata mendapatkan hasil panen yang bagus. Pak Zaenal bisa memanen 100 Ton Ubi Cilembu. Berdasarkan cerita tersebut, menurut pendapat Abu Hanifah, siapakah yang berkewajiban untuk mengeluarkan zakat hasil tanah ?

A. Pihak Penyewa Tanah
B. Pihak Pemilik Tanah
C. Pihak Penyewa dan Pemilik Tanah
D. Pihak Pekerja
E. Semua Pihak yang terlibat

2. Bu Aini merupakan terapis herbal yang terkenal di Kota Tuban. Setiap bulan rata-rata penghasilan Bu Aini sebesar Rp. 5.000.000. Setia bulan, Bu Aini harus mengeluarkan biaya PLN sebesar Rp. 200.000, Keperluan Rumah Tangga Rp. 2.500.000 dan kebutuhan tak terduga Rp. 350.000…..berapakan zakat profesi yang harus dikeluarkan oleh Bu Aini dalam Setahun?

A. 585.000
B. 487.500
C. 48.750
D. 50.000
E. 600.000

3. Mustofa adalah pemuda kreatif berumur 28 tahun. Mustofa lahir dari keluarga kalangan ekonomi menengah ke bawah. Mustofa memiliki keahlian membuat bahan kerajinan dari Kardus. Untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya, Mustofa terkendala dengan modal. Melihat potensi yang dimiliki oleh Mustofa, Bu Aini berinisiatif untuk membantu Mustofa dengan memberikan Hasil Zakat Profesinya. Berdasarkan rangkaian cerita di atas, maka penyaluran hasil zakat sebagaimana di atas adalah
A. Zakat harus berupa bahan makanan pokok
B. Zakat harus diberikan kepada 8 Golongan yang sudah ditentukan
C. Zakat Produktif boleh dilakukan, karena akan berdampak positif bagi Mustahiq Zakat
D. Zakat membantu meringankan Mustahiq Zakat
E. Usahanya akan berkembang dengan baik

4. Di suatu desa sedang membangun masjid,dimana di desa tersebut jarang ditemui masjid.Dalam pembangunannya panitia kesulitan dalam hal dana.Jika masjid itu mendapat dana dari zakat maka hukumnya,menurut Mahmud Syaltut
A. Tidak boleh ,karena tidak masuk dalam mustahiq zakat
B. Boleh ,Karena pembangunan masjid adalah untuk kemaslahatan umat
C. Boleh,karena digolongkan dalam sabilillah dan didaerah tersebut masjid masih jarang
D. Boleh,karena dari hasil zakat memperoleh hasil banyak
E. Tidak Boleh, Karena pembangunan masjid adalah kewajiban ta’mir masjid

5. Jupri seorang pemuda yang sudah bekerja,dia mempunyai cita-cita ingin menjadi orang sukses,keluarganya menginginkan Jupri untuk segera menikah tetapi Jupri tidak mau,maka hukum nikah berdasarkan ilat
A. Haram
B. Sunnah
C. Wajib
D. Mubah
E. makruh

6. Pak Koko mempunyai satu istri,dia mencintai istrinya dia ingin mempunyai keluarga yang bahagia.Dia ingin menjaga perasaan istrinya dan menjamin keluarganya tercukupi dalam hal materi maka pak KoKo menjalankan
A. Tujuan pernikahan
B. Prinsip pernikahan
C. Hukum pernikahan
D. Hikmah pernikahan
E. Larangan pernikahan

7. Islam diperuntukan untuk semua jenis dan golongan manusia serta memelihara kepentingan dan kemashlahatan yang bersifat pribadi dan umum. kebolehan poligami karena untuk mewujudkan kemashlahatan bagi manusia agar tidak berlaku zina dan tidak terjatuh ke dalam pintu kemaksiatan. kondisi darurat dibolehkan berpoligami adalah sebagai berikut kecuali :
A. Untuk mendapatkan anak bagi suami yang subur dan isteri yang mandul.
B. Menjaga keutuhan keluarga tanpa harus mencerai isteri pertama meski ia tidak berfungsi semestinya sebagai isteri karena cacat fisik dan sebagainya
C. Untuk menyelamatkan suami yang hiperseks dari perbuatan free sex
D. Menyelamatkan harkat dan martabat wanita dari krisis akhlak(melacur)
E. Masalah darurat, ingin memperturutkan hawa nafsu seksual dan banyak berlaku tidak adil dalam pemenuhan kebutuhan

8. Nikah mut’ah tidaklah dilakukan, kecuali kecenderungan seseorang untuk memenuhi kebutuhan seksual, berakhir tanpa talaq karena secara otomatis jika sudah habis waktu kontrak yang telah ditentukan maka berakhirlah riwayat pernikahan itu. nikah mut’ah pertama kali pada zaman Nabi, karena umat ketika itu berada pada “masa transisi” dari dunia Jahiliyah ke dunia Islam. Alasannya kecuali :
A. zaman Jahiliyah, perzinahan merupakan budaya yang sudah menyebar luas.
B. Sebagai langkah perjalanan hukum Islam menuju ditetapkannya kehidupan rumah tangga yang sempurna
C. Islam mewajibkan kepada kaum untuk pergi berjihad, mereka merasakan sangat berat tinggal jauh dengan isteri-isteri mereka.
D. kaum yang ikut berijihad ada yang memiliki iman yang kuat dan ada yang lemah.
E. Takut terjerumus ke jurang perzinahan

9. Bank non Islam (convensional bank) adalah lembaga keuangan yang fungsi utamanya untuk menghimpun dana yang kemudian disalurkan kepada orang atau lembaga yang membutuhkannya guna investasi (penanaman modal) dan usaha-usaha yang produktif dengan sistem bunga. Contohnya BNI , BRI. BCA dan sebagainya.

10. Sedangan yang dimaksud dengan bank Islam adalah suatu lembaga yang fungsi utamanya menghimpun dana untuk disalurkan kepada orang atau lembaga yang membutuhkannya dengan sistem tanpa bunga. Contohnya Bank Muamalat.maka dapat dibedakan antara bank convensional dengan bank Islam yaitu bank convensional memakai sistem bunga sedangkan bank Islam tidak. Sebagai pengganti sistem bunga, maka bank Islam menempuh cara-cara sebagai Berikut kecuali :
A. Wadiah yaitu titipan uang, barang dan surat-surat berharga).
B. Mudharabah (kerja sama antara pemilik modal dengan pelaksana).
C. Rente adalah keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan bank karena jasanya meminjamkan uang untuk melancarkan perusahaan orang yang meminjam.
D. Musyarakah/syirkah (persekutuan).
E. Murabahah (jual beli barang dengan tambahan harga atas dasar harga pembelian yang pertama secara jujur).

11. Pak Ali butuh biaya yang cukup banyak untuk biaya operasi anaknya d i rumah sakit, dia sudah berusaha mencari pinjaman ke mana-mana , tetapi tidak berhasil. Akhirnya p Ali mendatangi rentenir untuk meminjam uang sebesar Rp 10 jt , sesuai dengan biaya kebutuhan operasi anaknya. Alkhamdulillah operasinya berhasil tetapi ada beban yang belum terselesaikan yaitu melunasi cicilan hutangnya ke rentenir yang nominalnya menjadi Rp 15 jt. Hutang piutang seperti disebut riba karena :
A. Membayar tambahan
B. Membuat seseorang malas untuk bekerja
C. Sudah membantu orang yang membutuhkan
D. A dan B , adalah salah
E. A dan B , adalah benar

12. Menurut sebagian ulama yang menghalalkan bunga bank mengatakan bahwa fee bukan termasuk riba. Terkait dengan pendapat ulama tersebut jika dikaitkan dengan biaya administrasi yang sering dilakukan oleh pihak bank maka status hukumnya dalam islam adalah ....
A. Makruh
B. Boleh
C. Haram
D. Syubhat
E. Sunnah

13. Imam Al ghazali pernah berkata agama adalah pondasi, sedangkan pemerintahan adalah tiangnya.hal tersebut menunjukkan bahwasannya ada hubungan timbal balik antara agama dan negara. Berdasarkan hal tersebut hukum mendirikan pemerintahan yang didalamnya syariat islam dapat dilaksanakan dengan baik hukumnya menjadi sebuah kewajiban kolektif. Dibawah ini yang bukan termasuk dasar-dasar yang dimiliki pemerintahan dalam islam adalah......
A. Keadilan yang bersifat menyeluruh kepada rakyat
B. Sifat jujur,ikhlas,serta bertanggung jawab
C. Tauhid yang mengandung arti taat kepada Allah dan RosulNya.
D. Keadilan yang bersifat sepihak kepada rakyat tertentu
E. Adanya kedaulatan rakyat

14. Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas islam berdasarkan ketuhanan YME, dimana pemilihan khalifah atau pemimpinnya berdasarkan pemilihan langsung dari rakyat. Hal ini menunjukkan sistem pengangkatan pemimpin berdasarkan pada sistem pengangkatan dalam islam. Dibawah ini yang bukan cara pengangkatan khalifah dalam perjalanan sejarah islam adalah ....
A. Pengangkatan khalifah melalui pemilihan oleh para tokoh ummat
B. Pengangkatan khalifah melalui pemilihan langsung oleh rakyat
C. Pengangkatan khalifah berdasarkan keturunan
D. Pengangkatan khalifah berdasarkan secara sepihak rakyat
E. Pengangkatan berdasarkan usulan khalifah sebelumnya.

15. Dalam sistem khilafah, rakyat sebagai kumpulan manusia yang dipimpin memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan secara adil. Berikut adalah hak hak rakyat di satu sisi, tetapi merupakan kewajiban pemerintah disisi yang lain … kecuali 
A. Hak untuk memperoleh keadilan hukum dan pemerintah sesuai QS. 4: 58 
B. Hak berkumpul dan menyatakan pendapat sesuai. Sesuai QS.3:105 
C. Hak untuk menolak kezaliman dan kesewenang – wenangan. QS.4:148 
D. Hak untuk bebas beragama. Sesuai QS. 2:101 
E. Hak keselamatan jiwa dan harta. Sesuai QS. 17:33 

16. Setelah wafatnya Rasulullah, para sahabat menunjuk Abu Bakar sebagai pemimpin baru ummat Islam (Kholifah). Pada masa pemerintahannya Abu BAkar memerangi orang orang yang Murtad, sehingga banyak para penghafal Al Qur'an yang terbunuh dalam pertempuran tersetbut .Apa yang pertama kali dilakukan oleh Abu Bakar Setelah peperangan …. 
A. Mengumpulkan lembaran al-Qur'an dari para penghafal al-Qur'an atas usulan Umar Bin Khattab 
B. Mengumpulkan lembaran al-Qur'an dari para penghafal al-Qur'an atas usulan Usman bin Affan 
C. Mengumpulkan lembaran Hadis dari para penghafal Hadis atas usulan Umar Bin Khattab 
D. Mengumpulkan lembaran Hadis dari para penghafal Hadis atas usulan Usman bin Affan 
E. Menyantuni keluarga para sahabat yang terbunuh dalam peperangan tersebut 

17. Pada masa Abu Bakar As-Shidiq, ilmu pengetahuan Islam tidak berkembang maju, karena disibukkan dengan masalah-masalah seperti menumpas Nabi palsu, gerakan kaum murtad, gerakan kaum munafiq, dan memerangi yang enggan berzakat.Akan tetapi lembaga pendidikan kuttab mencapai tingkat kemajuan yang berarti. Dikarnakan …. 
A. Masyarakat Muslim telah menaklukan beberapa daerah dan menjalin kontak dengan bangsa-bangsa yang telah maju. 
B. Para sahabat sangat bersemangat dalam mencari ilmu keberbagai Negara 
C. Masyarakat Muslim telah menaklukan Negara Eropa yang telah maju dalam ilmu pengetahuan
D. Masyarakat Muslim menyebar ke Negara barat yang telah maju 
E. Masyarakat Muslim banyak yang menimba ilmu di Amerika

18. Perkembangan Wilayah Islam pada masa pemerintahan Umar bin Khattab terus berlanjut sampai ke wilayah Mesir, Pada saat itu penduduk Mesir, yaitu suku bangsa Qibti (Qopti) yang sangat mengharapkan bantuan dari orang-orang Islam, hal yang menyebabkan Suku bangsa Qibti mengharapkan bantuan orang Islam adalah ….
A. Terjadi Bencana alam
B. Terjadi perang Yarmuk
C. Terjadi peperangan di Ajnadin
D. Terjadi penganiayaan dari bangsa Romawi
E. Terjadi kelaparan yang diakibatkan peperangan

19. Utsman bin Affan melaksanakan politik ekspansi untuk menaklukkan beberapa daerah-daerah seperti, Cyprus, Armenia, Tripoli, An-Nubah, Kufah, Fars, dan Kerman. wilayah yang sangat kaya akan sumber daya alamnya, dan hasil bumi yang sangat melimpah adalah wilayah ….
A. Cyprus
B. Armenia
C. Tripoli
D. Kufah
E. Kerman

20. Di masa pemerintahan sahabat Nabi terhadap kondisi sosial seperti Kaum muslimin diberikan kebebasan untuk keluar masuk daerah, memecat sebagian besar gubernur yang korupsi, membenahi dan menyusun arsip Negara, mengordinir polisi dan menetapkan tugas-tugas mereka, dan menggali dan mengamalkan ajaran agama secara murni. Dari kondisi sosial tersebut yang terjadi pada masa pemerintahan Utsman bin Affan adalah ….
A. Kaum muslimin diberikan kebebasan untuk keluar masuk daerah
B. Memecat sebagian besar gubernur yang korupsi
C. Membenahi dan menyusun arsip Negara
D. Mengordinir polisi dan menetapkan tugas-tugas mereka
E. Menggali dan mengamalkan ajaran agama secara murni
21. Untuk menegakkan dan menyebarkan agama islam, Khalifah Usman bin Affan

menempuh jalan dan strategi dakwah diataranya perluasan wilayah. Upaya perluasan daerah kekuasaan islam diantaranya adalah melanjutkan usaha penaklukan Persia. Selanjutnya strategi dakwah yang tidak kalah pentingnya pada masa khalifah Usman Bin Affan adalah , kecuali :
A. Standarisasi Al-Qur’an
B. Pengangkatan para pejabat
C. Pembangunan fisik
D. Pembangunan Armada laut
E. Hanya melanjutkan perluasan wilayah, sampai ke Tabaristan

22. Setelah masa kekhalifahan para sahabat, perkembangan islam dilanjutkan oleh Bani Umayyah. Kebijakan pemerintahan yang sangat berpengaruh adalah pada saat Muawiyah bin Abi Sufyan memerintah sebagai khalifah pertama. Kebijakan-kebijakan berikut ini menjadi fondasi Bani Umayyah menjadi kuat dan menjadi sumber inspirasi dan motivasi besar bagi kekuasaan Bani Umayyah di dalam menata kekuasaan diantaranya :
A. Memperluas wilayah Islam di tiga wilayah yang subur: Afrika Utara, India dan Byzantium.
B. Membentuk Departemen dan Duta, yang membawa misi Islam kebeberapa wilayah
C. Menumpas pemberontakan yang terjadi disemua Negara
D. Jawaban A dan B benar
E. Semua jawaban A, B dan C benar

23. Perkembangan llmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Damaskus meliputi tiga bidang yaitu: bidang diniyah, bidang tarikh, dan bidang Filsafat. Kaum muslimin memperoleh kemajuan yang sangat pesat, tidak hanya pada penyebaran agama Islam saja tetapi juga pada penemuan-penemuan ilmu yang lainnya. Di bawah ini adalah keilmuan bidang diniyah yang berkembang pada zaman tersebut adalah:
A. Ilmu tafsir, ilmu hadits, ilmu kalam
B. Ilmu tafsir, ilmu qiraat, ilmu tarikh
C. Ilmu hadits, ilmu nahwu, ilmu bahasa
D. Ilmu tarikh, ilmu kalam, ilmu nahwu
E. Ilmu qiraat, ilmu tarikh, ilmu kalam

24. Bani Umayyah di Andalusia adalah kekhalifahan yang berkuasa di Semenanjung Iberia dalam rentang waktu antara abad ke-8 sampai abad ke-12. Hal ini terwujud karena para penguasa Islam pada waktu itu mempunyai keinginan kuat untuk mengembangkan dan membebaskan menjadi wilayah Islam. Berikut ini wilayah yang termasuk Semenanjung Iberia adalah :
A. Spanyol, Amerika, dan sebagian Portugal
B. Spanyol, Portugal, dan Perancis bagian selatan
C. Portugal, Spanyol, dan Damaskus
D. Perancis, Amerika, dan sebagian Spanyol
E. Romawi, Spanyol, dan Perancis

25. Pada masa Bani Abbasiyah perkembangan pendidikan dan kebudyaan sangat maju dengan pesat sehingga Bani Abbasiyah mampu menjadi kiblat dunia pada masa itu dan dikenang sepanjang masa. Berikut adalah perkembangan bidang dakwah, pendidikan, dan kebudayaan pada Bani Abbasiyah, kecuali :
A. Suasana belajar yang kondusif,
B. Fasilitas belajar yang disediakan pemerintah lengkap,
C. Kuttab-kuttab, universitas-universitas yang bagus
D. Motivasi belajar masyarakat yang tinggi
E. Perluasan wilayah dan kekuasaan pemerintahan

26. Proses pengembangan peradaban yang dibangun Bani Abbasiyah begitu cepat membawa perubahan besar bagi perkembangan peradaban ilmu pengetahuan selanjutnya. Bani Abbasiyah eksis selama 505 tahun dan diperintah oleh 37 khalifah dengan mampu menciptakan peradaban yang menjadi kiblat dunia pada saat itu, peradaban yang dikenang sepanjang masa.Salah satu khalifah Bani Abbasiyah yang terkenal adalah al-makmun,berikut beberapa kebijakan politik pendidikan yang ditetapkan khalifah al-makmun, kecuali…..
A. Mendirikan Kuttab
B. Pendirian Universitas Nizamul Hak
C. Mendirikan perpustakaan Baitul Hikmah
D. Penterjemahan buku-buku yang berisi tentang ilmu pengetahuan dari bahasa yunani,persia dan india ke dalam bahasa arab
E. Berkembangnya ilmu pengetahuan umum seperti: filsafat, kimia, metafisika, kedokteran dan lain-lain

27. Pada masa bani Abasiyah proses pengembangan peradaban yang dibangun begitu cepat membawa perubahan besar bagi perkembangan peradaban ilmu pengetahuan selanjutnya. Bani Abbasiyah eksis selama 505 tahun dan diperintah oleh 37 khalifah dengan mampu menciptakan peradaban yang menjadi kiblat dunia pada saat itu, peradaban yang dikenang sepanjang masa. Berikut adalah faktor yang mendukung dalam perkembangan dakwah dan perluasan wilayah pada masa bani Abasiyah, kecuali ….
A. Motivasi belajar menjadi pendorong gairahnya masyarakat untuk belajar. Masyarakat mendatangi tempat-tempat belajar seperti kuttab dan madrasah maupun perguruan tinggi seperti universitas.
B. Khalifah Harun al-Rasyid terkenal sebagai khalifah yang sangat cinta pada ilmu pengetahuan, baik belajar maupun dalam hal membangun fasilitas belajar, seperti: sekolah, perpustakaan, menyediakan guru dan membentuk gerakan terjemahan.
C. Masyarakat Bani Abbasiyah saat itu merupakan kaum pemalas yang hanya membanggakan sejarah
D. Abu Abbas Assafah sebagai pendiri Bani Abbasiyah memiliki masa kepemimpinan yang mampu menciptakan suasana dan kondisi Abbasiyah yang seteril dari keturunan Bani Umayyah sebagai lawan politik yang baru di kalahkan dan dikuasainya.
E. Ekspansi kekuasaan yang merujuk pada pemerintahan sistem dinasti membuat Bani Abasiyah kuat dan bertahan dalam peperangan perluasan wilayah.

28. Berdasarkan teori Arab dari Buya Hamka yang tertulis dalam historiografi Indonesia, bahwa Islam masuk ke Indonesia sejak abad pertama Hijriah atau abad ke-7 Masehi melalui dua jalur yaitu...
A. 1 Jalur Utara, dengan rute: Arab (Mekkah dan Medinah) -Damaskus -Bagdad - Gujarat (pantai Barat India) - Srilanka - Indonesia.
2.Jalur Selatan, dengan rute: Arab (Mekkah dan Medinah) - Yaman -Gujarat (pantai barat India) - Srilanka – Indonesia
B. 1.Jalur Selatan, dengan rute: Arab (Mekkah dan Medinah) - Yaman -Gujarat (pantai barat India) – Malaysia – Indonesia
2. Jalur Utara, dengan rute: Arab (Mekkah dan Medinah) -Damaskus -Bagdad - Gujarat (pantai Barat India) - Singapura - Indonesia.
C. 1. Jalur Utara, dengan rute: Arab (Mekkah dan Medinah) -Damaskus -Bagdad - Gujarat (pantai Barat India) - Srilanka – Indonesia
2. Jalur Selatan, dengan rute: Arab (Mekkah dan Medinah) - Yaman -Gujarat (pantai barat India) - Srilanka – Indonesia
D. Jalur Selatan, dengan rute: Arab (Mekkah dan Medinah) - Yaman -Gujarat (pantai barat India) – Malaysia – Indonesia
E. Jawaba A, B, dan C salah

29. Islam mengikis keadaan masyarakat yang berkasta, merubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik tanpa adanya penindasan atas perbedaan kasta. Perubahan ini tidak terlepas atas peran.......
A. Para wali
B. Para muballigh
C. Para wali dan para muballigh
D. Para saudagar
E. Para musafir

30. Masyarakat Indonesia dahulu memeluk kepercayaan animisme berupa pemujaan roh nenek moyang yang disebut hyang atau dahyang, yang diwujudkan dalam bentuk arca atau gambar, strategi yang dilakukan para wali agar dengan suka rela memeluk agama islam dengan cara ......
A. Pengajian akbar
B. Pementasan wayang
C. Sopan santun
D. Memberi contoh yang baik
E. Sunan Kali Jaga

31. Para wali ( wali songo ) dalam menyampaikan dakwahnya dengan bermacam-macam strategi, termasuk menggunakan media dakwah wayang kulit adalah sunan...
A. Sundan Kudus
B. Sunan Ampel
C. Sunan Derajat
D. Sunan Bonang
E. Sunan Kali Jaga

32. Sejarah masuknya Islam di Afrika mengalami berbagai proses perkembangan diantaranya Islam merupakan agama yang diawasi secara ketat oleh penguasa. Diantara pernyataan berikut membuktikan pernyataan tersebut, kecuali ....
A. Pemerintah Hindia Belanda secara tegas melarang aktivitas Islam di tempat umum, meski ibadah pribadi diperbolehkan.
B. Tak ada komunitas Muslim yang diizinkan untuk melakukan perkumpulan.
C. Para ulama tidak bisa berdakwah secara leluasa.
D. Komunitas Islam dengan mudah dapat mendirikan masjid
E. Adanya pembatasan aturan tentang dakwah

33. Kendala perkembangan Islam di Amerika diantaranya berhubungan erat dengan peranan Amerika sebagai polisi dunia yang mengundang rasa bermusuhan dengan negara-negara muslim. Bagi kelompok radikal garis keras, peranan Amerika dalam pentas politik dunia sebagai polisi merupakan landasan objektif untuk menyatakan perang dalam bentuk teror. Fakta kongkret yang mendukung pernyataan diatas adalah ...
A. Ajaran Islam dengan sendirinya cukup subur berisi perintah-perintah untuk mempertahankan agama Allah dari serangan dam anjuran untuk berjihad di jalan-Nya.
B. Amerika adalah negara maju dengan berbagai ras didalamnya sehingga Islam menjadi salah satu agama di negara tersebut
C. Populasi penduduk Muslim di AS telah meningkat dalam seratus tahun terakhir, dimana sebagian besar pertumbuhan ini didorong oleh adanya imigran.
D. Adanya migrasi muslim besar-besaran yang dibatasi oleh pemerintah Amerika
E. Amerika bersekutu dengan Israel untuk menaklukkan Islam

34. Islam telah lama masuk ke Benua Eropa, pada puncak kejayaannya yaitu ketika Islam berpusat di Sponyol. Namun pada perkembangan selajutnya realitas menunjukkan kondisi yang berbeda, Islam menjadi tersingkirkan dari tanah Eropa dan menjadi
masyarakat minoritas. Sejarah Islam sebagai minoritas di eropa Barat di mulai sekitar abad ke.....
A. 16
B. 18
C. 19
D. 20
E. 21

35. Islam telah menjadi bagian dari kehidupan warga di Australia. Di Islamic Museum Australia yang berada di Anderson Road, Thornbury, Victoria, dijelaskan secara detail tentang sejarah masuknya islam di Australia. Islam di Australia pertama kali di bawa oleh....
A. Pelaut Makasar
B. Pedagang India
C. Imigran dari Afrika
D. Pedagang dari Cina
E. Pelaut Pakistan

36. Salah satu sikap saling memafkan, menjalin silaturahmi merupakan salah satu sikap yang mencerminkan akhlak al-karimah, hakikat akhlak al karimah menurut Ibnu Miskawaih adalah....
A. Kondisi jiwa yang mendorong tindakan-tindakan tanpa perlu berpikir dan pertimbangan lagi.
B. Gambaran jiwa yang mendorong dilakukannya perbutan-perbuatan dengan mudah lagi gampang tanpa berfikir panjang.
C. Kehendak yang dibiasakan, bukan perbuatan yang tidak ada kehendaknya. Seperti bernafas, denyut jantung, kedipan mata dan lain-lain.
D. Dorongan manusia untuk menolak yang tidak disenangi dan memdapatkan kenikmatan yang bersifat abstrak dan batin.
E. kekuatan yang ada dalam diri manusia yang yang mendorong perbutan-perbuatan untuk memperoleh kenikmatan-kenikmatan yang bersifat zhahir.

37. Cerdas dan lurus jalan fikirirannya dalam mengistimbatkan (mengambil kesimpulan). Ia bisa mengambil yang terbaik, dan paling bermanfaat dalam berbagai
urusan sesulit apapun dan segawat apaun. Merupakan seseorang yang memiliki hikmah menjadi....
A. Tsiqabah ar-Ra’yi
B. Shawab azh-Zham
C. Husnu at-Tadbir
D. Jaudat adz-Dzihn
E. Kibr an-Nafs

38. Quwwah al-Ghadhab merupakan dorongan manusia untuk menolak yang tidak disenangi dan mendapatkan kenikmatan yang bersifat abstrak dan batin. Dorongan tersebut dapat menumbuhkan sifat Syaja’ah. Salah satu turunan sifat syaja’ah adalah an-Najdah, yaitu ...
A. berani mengambil sikap moderat untuk mengambil atau menerima keputusan penting dalam berbagai masalah yang menyangkut kemaslahatan yang besar dan urusan-urusan yang mulia
B. berani dalam membantu atau menolong siapapun, apalagi menolong hal yang benar, baginya merupakan jihad
C. menjadikan dirinya sebagai ahli dalam hal kemuliaan dengan penuh kerendahan hati dan menghindari perdebatan pada urusan-urusan yang sedikit manfaatnya
D. berani bertanggung jawab menahan diri dalam menjalankan tugas, meski dirasa sangat berat
E. dapat menahan emosi yang biasanya meledak-ledak, tidak terpancing dalam keadaan apapun dan marah

39. Pak Muhlis adalah pemilik perusahaan yang bergerak di bidang properti. Dalam kesehariannya, dia senantiasa menunjukkan perilaku yang rendah hati dan terkenal dermawan. Apabila ada kegiatan sosial terutama di bidang keagamaman, Pak Muhlis gemar menyumbangkan sebagian hartanya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia melaksanakannya dengan ikhlas hanya karena Allah, bersabar dan bersyukur. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perbuatan Pak Muhlis sebagai implementasi dari ...
A. Istiqomah
B. Tawakkal
C. Amal shalih
D. Ikhlas
E. Khauf

40. Pak Amir melakukan amal perbuatannya atas dasar keyakinan dan semata-mata ibadah mengharap ridho Allah Swt., karena dia meyakini bahwa semua amal perbuatan manusia yang beriman harus bernilai ibadah dan menjadi amal shalih. Amal yang hanya dipersembahkan kepada Allah Swt. dan ridah penilaiannya diserahkan sepenuhnya hanya kepada-Nya. Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa amal shalih dapat dijadikan sebagai ....
A. fondasi iman kepada Allah Swt.
B. bukti kecintaan kepada Allah Swt
C. rasa syukur atas segala nikmat
D. sarana untuk memperbanyak pahala
E. eksistensi diri dalam kehidupan sosial

41. Pak Syukur memberikan infaq uang ke Ta’mir masjid Al-Akbar atas dasar pehamanan bahwa amal shalih merupakan amalan dan penghambaan hati dengan menyandarkan segala sesuatunya hanya kepada Allah Swt. semata, percaya terhadap-Nya, berlindung hanya kepada-Nya dan ridha atas sesuatu yang menimpa dirinya, berdasarkan keyakinan bahwa Allah akan memberikan segala ‘kecukupan bagi dirinya, dengan tetap berikhtiar semaksimal mungkin untuk dapat memperolehnya. Pemahaman Pak Syukur tersebut merupakan bentuk ...
A. syukur kepada Allah Swt.
B. sabar kepada Allah Swt.
C. tawakkal kepada Allah Swt.
D. tawaddu dalam beramal shalih
E. ikhas dalam beramal shalih

42. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa malu adalah sebagian dari iman. Fatimah adalah remaja putri yang senantiasa menundukkan pandangannya jika bertemu dengan orang yang bukan muhrimnya, namun teman-temannya mengejeknya dan mengatakan bahwa dirinya sok alim. Teman-teman lelakinya lebih menghormatinya dibanding teman Fatimah yang lain.
Manfaat dari menjaga sifat malu yang sesuai dengan hal tersebut adalah …..
A. Mendapat pujian dari teman
B. Merasa dirinya lebih muia dari teman
C. Dapat terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan
D. Disegani teman
E. Disayang teman

43. ْلَوْ يَعْلَمُ الْمُؤْمِنُ مَا عِنْدَ اللَّهِ مِنْ الْعُقُوبَةِ مَا طَمِعَ فِي الْجَنَّةِ أَحَدٌ وَلَوْ يَعْلَمُ الْكَافِرُ مَا عِنْدَ اللَّهِ مِنْ الرَّحْمَةِ مَا قَنَطَ مِنْ الْجَنَّةِ أَحَدٌجَنَّتِهِ أحَد Seandainya seorang mukmin mengetahui adzab yang ada di sisi Allâh, niscaya tidak ada seorang pun yang akan terlalu berambisi untuk meraih surga-Nya. Dan seandainya orang kafir mengetahui kasih saying Allâh, niscaya tidak ada seorang pun yang akan berputus asa dari meraih surga-Nya Hadits tersebut menjelaskan manfaat dari … 
A. Khauf 
B. Raja` 
C. Tasamuh 
D. Optimis 
E. Pesimis 

44. Kafi adalah seorang kaya yang dermawan, tidak hanya itu dia juga terkenal suka menolong orang yang kesulitan. Pada suatu saat datanglah seorang pemuda yang ingin meminjam uang kepadanya, dan kafipun meminjaminya. Pada suatu ketika kafi jatuh miskin dan menjadi gelandangan. Namun ada seorang lelaki kaya raya yang mengentasnya dari kemiskinan, ternyata lelaki tersebut adalah pemuda yang ditolongnya beberapa tahun lalu, Hal ini membuktikan bahwa orang yang berbuat baik sesungguhnya ia telah berbuat baik untuk… 
A. Orang lain 
B. Dirinya sendiri 
C. Orang tua 
D. Masyarakat 
E. Anak

45. Disekolah ahmad dikenal sebagai anak yang pemaaf, setiap berbuat salah ahmad selalu meminta maaf kepada temannya. Begitu juga akan selalu memaafkan apabila teman temannya berbuat salah kepada ahmad. Maka dari itu ahmad sangat disukai oleh teman dan guru. Hal ini adalah mencerminkan pemaaf sebagai akhlak al-karimah terhadap orang lain, hal yang mencerminkan sifat pemaaf adalah...
A. Berlapang Dada
B. Bekerja Keras
C. Santun
D. Lemah Lembut
E. Peduli

46. Kasih sayang Allah kepada kita merupakan suatu yang sangat luar biasa dalam hidup kita, pada saat iman kita sedang begitu rendah. Sebagai manusia yang beriman akan selalu berbaik sangka dan memikirkan kasih sayang dalam bentuk apa yang Allah sedang berikan kepada kita, juga memikirkan betapa banyak hal buruk yang bisa terjadi pada kita, namun Allah menjaga kita dari hal-hal tersebut. Sebagai cerminan asmaul husna Arrahman adalah manusia mempunyai sikap...
A. Teguh
B. Beriman
C. Kasih Sayang
D. Suka Menolong
E. Dermawan

47. Dalam Al-Qur'an, tanda-tanda kepemilikan kerajaan adalah kehadiran banyak pihak kepadaNya untuk bermohon agar dipenuhi kebutuhannya atau untuk menyampaikan persoalan-persoalan besar agar dapat tertanggulangi. Allah SWT melukiskan betapa Yang Maha Kuasa itu melayani kebutuhan makhlukNya. Hal ini Sebagaimana yang difirmankan dalam al-Qur'an pada surat...
A. QS. al-Rahmān ayat 34
B. QS. al-Rahmān ayat 35
C. QS. al-Baqarah ayat 29
D. QS. al-Rahmān ayat 29
E. QS. al-rahman ayat 1

48. Sesuatu kejadian dalam hidup seseorang yang tidak menyalahi tradisi, kejadiannya sesuai dengan kebiasaan yang umum atau bahkan lazim berlaku, hal ini tidak dapat dikatakan mukjizat. Itulah sebabnya mengapa banyak hal aneh yang dikeluarkan oleh
ahli-ahli sulap bahkan ahli-ahli sihir tidak dinyatakan sebagai mukjizat. hal tersebut Merupakan kesesuaian unsur utama mukjizat yang berbunyi...
A. Jabalul Ardi
B. Khariqun Lil ‘Adah
C. Khariqun Lil Adl
D. Khalidun Fil Amr
E. Kholifatul Lil Ard

49. Wali ialah orang yang beriman, bertakwa, dan beramal shaleh kepada Allah SWT. Ulama’ sufi meyakini bahwa para wali mempunyai keistimewaan.misalnya Seorang Waliyullah yang bernama Asif dapat memindahkan singgasana Ratu Bulqis ke kerajaan Nabi Sulaiman a.s dalam sekejap mata, seperti yang dijelaskan dalam surah an-Nahl ayat 40; (2) Menurut ulama sufi, Suatu keadaan luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada para wali-Nya disebut
A. Mu’jizat
B. Karomah
C. Ma’unah
D. Sihir
E. Istidroj

50. Secara terminologis, suatu perbuatan oleh orang tertentu dengan syarat-syarat tertentu mempergunakan peralatan yang tidak lazim untuk dipakai, serta dengan cara yang sangat rahasia, untuk menimbulkan efek jahat dalam diri orang lain yang menjadi korbannya. Seperti santet, teluh, magic, vodoo dan lain-lain disebut
A. Karomah
B. Mu’jizat
C. Sihir
D. Ma’unah
E. Istidroj

51. Terjadinya hari kiamat termasuk rukun iman yang ke enam,adapun kiamat itu sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu kiamat sughro dan kiamat Kubro .Dibawah ini adalah tanda-tanda kiamat kecil, kecuali ...
A. Muncul banyak fitnah
B. Banyak terjadi pembunuhan
C. Perbuatan hina merajalela
D. Tersebarnya kemungkaran seperti zina, minum arak, perjudian, merasa bangga dengan perbuatan buruk dilakukan secara terang-terangan
E. Munculnya dajjal, terbinya matahari dari sebelah barat

52. (1) Munculnya kabut (dukhan) (5) Munculnya Dajjal
(2) Munculnya Dabbah (6) Terbitnya matahari dari barat;
(3) Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj; (7) Banyak Terjadi Pembunuhan
(4) ) Perbuatan Hina Merajalela (8) ) Banyak Terjadi Pembunuhan
Yang merupakan Tanda-tanda kiamat besar (kiamat kubra) Adalah Nomor:
A. 1 dan 2
B. 3 dan 6
C. 4 dan 8
D. Jawaban A dan B benar
E. Jawaban A, B, dan C benar

53. Dalam surat al-Zalzalah ayat 1 – 5 telah digambarkan bagaimana dahsyatnya hari kiamat. Setelah manusia dihancurkan, maka Allah SWT akan membangkitkan manusia dari kuburnya, mereka akan dimintai pertanggungjawaban semua amal perbuatan yang pernah mereka lakukakan ketika di dunia. Pada hari itu tidak ada yang dapat membantu manusia kecuali iman dan amalan saleh. Allah SWT akan meyediakan tempat yang sangat nyaman yaitu surga, dan juga memasukkan hamba yang lain ke dalam api neraka. Di bawah ini adalah orang yang berhak memasuki ke dalam surga, yaitu ...
A. Beriman dan bertaqwa kepada kepada Allah Swt dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya
B. Beriman kepada Allah Swt tapi juga melakukan perbuatan dosa kemudian bertaubat
C. Mengaku beriman kepada Allah Swt tapi tidak menjalankan ibadah
D. Kafir kepada Allah Swt tapi selalu berbuat baik terhadap sesama
E. Kafir kepada Allah Swt sampai pada akhir hayatnya

54. Segala sesuatu pasti akan terjadi apabila Allah telah menetapkannya walupun orang tersebut bersedekah, berdoa, bersilaturrahim, dan berbuat baik kepada sanak kerabatnya; kepada ibunya, dan saudara-saudaranya, atau lainnya. Artinya, apa yang telah ditentukan oleh Allah tidak dapat dirubah oleh amalan-amalan kebaikan bentuk apapun. Namun ada hadits Rasulullah yang berbunyi:
لََ يَرُدُّ الْقَضَاءَ شَيْئٌ إِلََّ الدُّعَاءَ )رواه الترمذي(
“Tidak ada sesuatu yang dapat menolak Qadla kecuali doa” (HR. at-Tirmidzi).
Qadla di dalam hadits di atas adalah Qadlā Mu’allaq, atau taqdir yang bisa dirubah karena ...
A. Ketentuan Allah sebenarnya sudah pasti akan terjadi dan tidak dapat berubah.
B. Nasib manusia bisa dirubah, salah satunya dengan berdoa
C. Allah Swt memutuskan sesuatu karena tekanan dari manusia
D. Allah bebas berbuat sesuai yang Dia kehendaki
E. Pilihan B dan D benar

55. Pak Untung telah difonis sakit kanker dengan stadium tinggi. Dikatakan oleh dokter bahwa usianya tidak akan lama lagi. Namun beliau tidak putus asa. Dalam sehari-hari setelah berobat beliau selalu berdoa dalam sakitnya agar diberi kesembuhan. Pak Untung tidak menyerah begitu saja pada putusan takdir. Setelah beberapa hari berlalu betapa terkejutnya dokter pemeriksa, karena kankernya nyaris hilang. Dalam kasus ini termasuk dalam kategori ...
A. Taqdir mubram
B. Taqdir muallaq
C. Taqdir qadar
D. Taqdir muwafiq
E. Qadha qadar

56. Setiap kejadian yang terjadi di atas muka Bumi seperti Gunung meletus, Banjir, Gempa Bumi dan lainsebagainya merupakan kehendak Allah. Penciptaan (realisasi) Allah atas sesuatu pada kadar tertentu sesuai dengan kehendak-Nya pada azali disebut? 
A. Qadha 
B. Qadar 
C. Nasib
D. Kepastian
E. Qadha dan qadar

57. Al qur’an diturunkan mengandung makna yang sangat mendalam,sehingga untuk Memahaminya butuh penafsiran dari orang-orang yang ahli dibidangnya.Tafsir Secara istilah menurut al-Kilabi adalah? 
A. Ilmu untuk memahami al Qur’an, menerangkan makna-maknanya serta menggali pemikiran dari para mufassir 
B. Memindahkan bahasa al-Qur’an ke bahasa lain agar dapat dibaca orang yang tidak mengerti 
C. Ayat yang dapat diketahui maknanya dan memiliki satu makna serta dapat diketahui secara langsung tanpa memerlukan keterangan lain 
D. Suatu metode menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an dengan mengkaji pendapat para ulama tafsir 
E. Ilmu untuk memahami al Qur’an ,menerangkan makna-maknanya serta menggali hukum-hukum dan hikmah-hikmahnya.
58. Memalingkan lafadz dari maknanya yang lahir kepada makna yanGdikandung oleh lafadz tersebut selama makna yang dimaksud tersebut dipandang sesuai dengan al Qur’an dan al sunnah. Misalnya dalam memahami kalimat يخرج الحي من الميت
(mengeluarkan kehidupan dari yang mati) misalnya, bisa dipahami dalam pengertian mengeluarkan seekor ayam yang menetas dari telur. Ungkapan ini merupakan pengertian dari?
A. Takwil
B. Tafsir
C. Muhkam
D. Muhjam
E. Terjemah

59. Berikut ini penakwilan terhadap kata “kursi” yang dilakukan oleh Prof. Quraish Shihab dalam memahami surat al-Baqarah ayat 225 adalah...
A. Kalimat kursi Allah meliputi langit dan bumi
B. Kalimat kursi Allah meliputi gunung-gunung
C. Kalimat kursi Allah meliputi arsy
D. Kalimat kursi Allah adalah lauh mahfudz
E. Kalimat kursi Allah adalah singgasana

60. Ayat yang berbicara tentang dzat Allah yang tercantum pada surat al Nuur

الله نور السموات والَرض (Allah adalah cahaya langit dan bumi) dengan tujuan agar dzat Allah itu bisa diketahui. Pemahaman seperti ini merupakan takwil yang terlarang, karena ....

A. Tidak sesuai dengan ayat ليس كمثله شيئ
B. Menganggap Allah suatu benda
C. Tidak sesuai dengan akal nalar manusia
D. Kurangnya pemahaman tentang syarat-syarat takwil
E. Adanya perbedaan tafsir antara para ulama’

61. Suatu ayat dapat ditafsirkan dengan ayat yang lain, baik ayat itu kelanjutan dari ayat yang ditafsirkan ataupun ayat yang menafsirkan berada di surat yang lain. Misalnya pada surat al ikhlas ayat pertama yang menjelaskan tentang ketauhidan Allah Swt, ditafsirkan oleh ayat berikutnya, yaitu ayat kedua, ketiga dan keempat. Penjelasan tersebut merupakan salah satu metode tafsir yang disebut ....
A. “bil al ra’yi”
B. “bil ma’tsur”
C. “bi al dirayah”
D. “al isyari”
E. “al maudhu’i”

62. Penafsirkan Al –Quran yang diperoleh melalui hasil penalaran atau ijtihad seorang mufassir yang secara kompetensi keilmuaanya telah dianggap memenuhi syarat –syarat mufassir.
Dari pernyataan diatas termasuk pendekan penafsiran Al-Quran . . .
A. Bi al-ma’sur
B. Bi al ra’yi
C. Al - Isyari
D. Bi al –yadi
E. Al Maudhui

63. metode dalam menjelaskan ayat al Qur’an dengan cara menguraikan ayat demi ayat, surat demi surat, sesuai tata urutan dengan penjelasan yang cukup terperinci sesuai dengan kecenderungan masing-masing mufassir terhadap aspek-aspek yang ingin disampaikan, misalnya menjelaskan ayat disertai aspek qira’at, asbabu al- nuzul, munasabah, balaghah, hukum dan lain sebagainya.
Dari pernyataan diatas termasuk metode penafsiran Al- Qur’an. . . .
A. Tahlili
B. Ijmaliran
C. Maudhu’i
D. Tajally
E. Muqaran
64. Ada 4 metode penafsiran Al-Quran yaitu
1. Metode Tahlili ( Analisis )
2. Metode Ijmali (Global )
3. Metode Muqoran (komparatif )
4. Metode maudhu’I ( Tematik )
Di Bawah ini yang termasuk salah satu contoh kitab tafsir maudhu’i adalah ……….
A. Tafsir Jalalaian karya jalaluddin Al suyuthi
B. Tafsir Qur’anul “adhim karya Muhammad farid wajdi
C. Tafsir Al tibyan fi aqsam Al- Qur’an karya Ibnu Qayyim
D. Tafsir Mafatih Al Ghaib karya Fakr al Razi
E. Ma’alim Al Tanzil karya al Baghawi

65. Quraish Shihab menafsirkan keikhlasan sebagai sebuah kondisi di mana seseorang melakukan ibadah dan amalan tanpa ada kesyirikan dan riya’ atau pamrih di dalamnya. Hal ini merupakan penafsiran Quraish Shihab untuk ayat.
A. QS. Az Zumar ayat 11
B. QS. Ali Imron ayat 29
C. QS. An Nisa 30
D. QS. Al A’raf ayat 29
E. QS. Al Baqarah ayat 29

66. Disunahhkan bagi umat muslim untuk bersedekah. Kepada siapa umat muslim diperbolehkan bersdekah berdasarkan surat Al-Baqarah ayat 272 ?
A. Umat Islam
B. Siapa saja
C. Fakir
D. Yatim
E. Panitia Pembangunan Masjid

67. Perhatikan hadits berikut dari Hisyam bin Ammar bercerita kepada kami, Hafash bin Sulaiman bercerita kepada kami, Katsir bin Syindzir bercerita kepada kami, dari Muhammad bin Sirin, dari Anas bin Malik berkata: “Rasulullah saw bersabda: ‘mencari ilmu itu wajib atas setiap orang Muslim” (diriwayatkan oleh Ibnu Majah) yang kemudian dinilai ada perawi yang tidak tsiqah, sehingga dinilai hadits ini sebagai hadits
A. Shohih
B. Dlo’if
C. Mardlud
D. Marfu’
E. Mutafaq ilaih

68 Kata shahih berarti orang sehat yang merupakan antonim dari Al –saqin yang artinya orang sakit, seolah-olah dimaksudkan bahwa hadis shahih adalah hadis yang sehat dan benar tidak terdapat penyakit dan cacat atau dengan kata lain Hadis yang muttasil (bersambung) sanadnya, diriwayatkan oleh orang yang adil dan dlabith(kuat daya ingatan) sempurna dari sesamanya, selamat dari kejanggalan(syadz)dan cacat illat adalah merupakan kriteria dari hadis shahih. Hadis yang mengandung ajaran fadla’ilul a’mal adalah hadis yang dlaif dari segi
A. Sanad
B. Rawi
C. Matan
D. Illat
E. Syadz

69. Hadits yang diriwayatkan oleh ibnu majah tentang mencari ilmu adalah Hadist dla’if dari sisi perawi, akan tetapi kandungan matn-nya sejalan dengan ajaran al-Qur’an yang memerintahkan kaum Muslimin menggali pengetahuan, antara lain:
A. Surah Al-imron ayat 8-9
B. Surat Al-Taubah ayat 122
C. Surat An-nisa ayat 10
D. Surat Al-baqarah ayat 17
E. Surat At-taubah ayat 29

70. Dari Hadits yang diriwayatkan oleh abu dawud tentang keistimewaan orang berilmu diantaranya adalah, kecuali
A. Diiringi perjalannya oleh Allah menuju surga
B. Diridhoi oleh para malaikat
C. Dinilai lebih utama dibanding ahli ibadah
D. Dinyatakan sebagai pewaris para nabi
E. Dinilai baik

71. Allah berfirman didalam alqur’an tentang jangan bersikap kasar terhadap anak yatim terdapat dalam surah
A. Surah Adh- Dhuha Ayat 9-10
B. Surah At-taubah Ayat 10-11
C. Surah Adh Dhuha Ayat 9-10
D. Surah At-taubah ayat 11-12
E. Surah Al-Baqarah ayat 15-23

72. Hadis sebagai penjelas (tafsîr) terhadap al-Qur’an dan fungsi inilah yang terbanyak pada umumnya. Penjelasan yang diberikan ada 3 macam, diantaranya “Takhshîsh al-`Amm”. Hadis mengkhususkan (mengecualikan) ayat-ayat al-Qur’an yang umum, sebagian ulama menyebut bayân takhshîsh. Misalnya ayat-ayat tentang waris dalam QS. Al-Nisa’/4: 10

“ Allah mensyari`atkan bagi mu tentang (bagian pusaka untuk) anakanakmu. Yaitu : bahagian seorang anak lelaki sama dengan bahagian dua orang perempuan…”
Isi yang terkandung dalam ayat di atas menjelaskan tentang. . . .
A. Pembagian harta pusaka terhadap ahli waris
B. Pembagian harta pusaka terhadap anak-lelaki, anak perempuan
C. Pembagian harta pusaka terhadap orang tua, jika ada anak atau tidak ada anak
D. Semua jawaban a,b,c benar
E. Semua jawaban a, b, c salah

73. Indikator pencapaian kompetensi secara otomatis berfungsi sebagai pengarah proses pembelajaran akan dilaksanakan. Dalam proses analisis indikator pencapaian kompetensi diantaranya perlu di susun dengan memperhatikan prinsif-prinsif . . . .
A. Belajar dari hal yang mudah saja
B. Belajar dari yang abstrak menuju yang nyata
C. Belajar dengan memperhatikan struktur keilmuan
D. Belajar dari yang sulit menuju hal yang mudah
E. Belajar dari hal yang nyata dan mudah

74. Indikator Pencapaian Kompetensi menjadi penanda bahwa kompetensi yang dipelajarisudah dikuasai. Indikator Pencapaian Kompetensi diantaranya dapat di rumuskan dengan menggunakan . . .
A. Kata kerja operasional yang spesifik dapat diatur.
B. Mencakup pengetahuan saja
C. Keterampilan dan sikap saja
D. Pengetahuan dan keterampilan yang spesifik
E. Kata kerja pengetahuan dan keterampilan

75. Pak Budi akan mengajar peserta didik kelas 5 PAI dengan KD. Beriman Kepada Nabi dan Rasul. Jika indokator yang ingin dicapai adalah ranah Psikomotorik. Maka metode dan strategi pembelajaran yang tepat adalah
A. Active learning dengan strategi Make a macth
B. Active learning dengan strategi indeks card macth
C. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM)
D. Cooperative learning strategi role playing
E. Cooperative learning strategi the power of two

76. Telah terjadi perkelahian antar pelajar, seorang guru agama memberikan sanksi berupa berdiri di halaman sekolah, dan dengan hukuman ini anak anak bisa menyadari kesalahannya. Dalam teori perkembangan moral, kasus diatas anak berada pada masa
A. Tingkat pramordional
B. Tingkat konvensional
C. Tingkat prakonvensional
D. Tingkat pasca konvensional
E. Tingkat prime fight

77. Siswa kelas 6 mulai berani untuk berpikir kritis terhadap setiap ajaran yang diajarkan oleh guru agamanya, pada masa ini siswa sudah mampu menemukan kebenaran dari berbagai macam cara. Hal ini menurut James Fowler anak berada pada tahapan
A. Tahap prima faith
B. Tahap intuitive-projektive
C. Tahapa mythic-literal faith
D. Tahap synthenic-conventional faith
E. Tahap individuative-reflectif faith

78. Gaya belajar yang menunjukkan apabila dalam pelaksanaan pembelajaran siswa terdapat kegagalan dan ketidakmampuan dikategorikan sebagai kesalahan yang perlu dihukum, sedangkan keberhasilan sebagai sesuatu yang pantas untuk diberi hadiah adalah ....
A. Teori Kognitif
B. Teori Behavioristik
C. Teori Konstruktivisme
D. Teori Humanistik
E. Teori Universal

79. Belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahaninformasi, emosi, dan aspek-aspek kejiwaan lainnya yangmelibatkan proses berpikir yang sangat kompleks. Proses belajar terjadi antara lainmencakup pengaturan stimulus yang diterima dan menyesuaikannya dengan strukturkognitif yang sudah dimiliki dan terbentuk di dalam pikiran seseorang berdasarkanpemahaman dan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Demikian adalah gambaran dari teori belajar ....
A. Teori Behavioristik
B. Teori Konstruktivisme
C. Teori Humanistik
D. Teori Kognitif
E. Teori Universal

80. Peranan utamadalam kegiatan belajar adalah aktifitas siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Paradigma konstruktivistik memandang siswa sebagai pribadi yang sudah memiliki kemampuan awal sebelum mempelajari sesuatu. Kamampuan awal tersebut akan menjadi dasar dalam mengkonstruksi pengetahuan yang baru. Oleh sebab itu meskipun kemampuan awal tersebut masih sangat sederhana atau tidak sesuai dengan pendapat
guru, sebaiknya diterima dan dijadikan dasar pembelajaran dan pembimbingan. Teori belajar yang dimaksud adalah ....
A. Teori Behavioristik
B. Teori Kognitif
C. Teori Konstruktivisme
D. Teori Humanistik
E. Teori Universal

81. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adlah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada peserta didik. Teori ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah…..
A. Konstruktivisme
B. Kognitivisme
C. Humanistik
D. Nativisme
E. Sibernetik

82. .........................???

83. Selain Keterampilan Berpikir Kritis, Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Komunikasi dan Kolaborasi, serta Kreativitas dan Inovasi, Keterampilan yang harus dimiliki guru abad 21 yaitu….
A. Literasi Media Informasi, Komunikasi, dan Teknologi.
B. Transformasi
C. Ideologi
D. Efisiensi
E. Efektifitas

84. Dalam mengawali pembelajaran, bu Ani menyampaikan suatu permasalahan guna bertujuan mendorong para siswanya agar mau mengembangkan kreativitasnya. Langkah yang dilakukan Bu Ani itu merupakan bagian dari model pembelajaran….
A. Berbasis masalah
B. Berbasis proyek
C. Saintifik
D. Penemuan
E. Kontruvistik

85. Sekelompok anak melakukan percobaan untuk menguji dan membuktikan teori-teori atau konsep-konsep di lapangan. Kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok anak tersebut termasuk dalam teori humanistic yang tergolong pada tahap…
A. Tahap pengamatan aktif reflektif
B. Tahap Konseptual
C. Tahap eksperimen
D. Tahap pengalaman konkrit
E. Tahap sensori motoric

86. Model Pembelajaran yang menyajikan masalah konstekstual dimana peserta didik bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah dunia nyata (real world) sehingga merangsang peserta didik untuk belajar, merupakan ciri khas model pembelajaran..:
A. Inkuiri
B. Problem Based Learning
C. Project Based Learning
D. Discavery Learning
E. Cooperative Learning

87. Dalam proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah materi iman kepada Hari Akhir, media yang tepat untuk digunakan seorang pendidik yang sesuai dengan pendekatan TPACK adalah ....
A. Pembelajaran dengan menggunakan media video tentang peristiwa hari akhir
B. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah yang dijelaskan secara detail
C. Pembelajaran yang dilakukan pendidik berfokus pada guru
D. Pembelajaran dengan mengerjakan soal-soal secara terus-menerus
E. Pembelajaran dengan memusatkan pada satu sumber belajar

88. Berikut ini adalah pernyataan tentang karakteristik guru abad 21:
1. Keterampilan Berpikir Kritis
2. Komunikasi dan Kolaborasi
3. Melakukan penilaian secara subyektif
4. Kemampuan Menyelesaikan Masalah
5. Kreativitas dan Inovasi
Pernyataan diatas yang sesuai dengan karakteristik guru abad 21, kecuali ....
A. 1,2,4
B. 2,4,5
C. 1,2,3
D. 1,4,5
E. 1,2,5

89. Bu Azizah akan mengajar kelas empat semester satu pada pelajaran satu kemudian dalam RPPnya dia menyajikan materi sebagai berikut; Al-Qur’an surah al-Falaq artinya waktu subuh. Rasulullah saw. sering membaca surah ini, terutama ketika dalam perjalanan agar selalu terpelihara dari kejahatan. Di dalam Q.S al-Falaqini Allah Swt. memerintahkan Nabi Muhammad saw. agar mengatakan: “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai Subuh (falaq)”. maksudnya, Allah memerintahkan kepada nabi dan umatnya selalu berlindung kepada Tuhan agar terpelihara dari kejahatan. Materi yang disajikan Bu Azizah termasuk kategori...
A. Fakta
B. Konsep
C. Prosedur
D. Metakognitif
E. Prinsip

90. Konsep belajar yang membantu para guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru kepada siswa. Proses pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Hal ini merupakan konsep pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran secara….
A. Saintifik
B. Penemuan Masalah
C. Kontekstual
D. Pemecahan Masalah
E. Bekerja berkelompok

91. Strategi yang mendorong peserta didik bekerja dalam kelompok untuk menuangkan pemahaman yang diperoleh dalam bentuk gambar. Gambar hasil buatan kelompok itu disampaikan dalam kelas. Kegiatan ini dapat dilakukan pada model pembelajaran discovery learning, project based learning, contextual teaching and learning maupun inquiry learning pada saat menyampaikan/ mengkomunikasikan hasil analisa. Strategi pembelajaran ini disebut strategi pembelajaran….
A. Everyone is a Teacher Here
B. Small Group Discussion
C. The Power of Two & Four
D. Information Search
E. Poster Session

92. Berdasarkan uraian KD dan IPK berikut ini :  
Kompetensi Dasar
3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.13.1 Menerangkan biografi dan Riwayat Hidup Nabi Zulkifli a.s.
3.13.2 Menyebutkan sifat keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
3.13.3 Menyebutkan Hikmah kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s
3.13.4 Menyebutkan surat dan ayat al-Qur'an yang menjelaskan kisah Nabi Zulkifli a.s.
Sumber belajar konvensional dan berbasis IT yang relevan adalah .....
A. Poster
B. Surat kabar
C. Animasi yang disajikan dalam slide PPT
D. Cerita bergambar
E. Buku Pelajaran

93. Guru mengarahkan siswa untuk memahami suatu konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Penemuan konsep terjadi bila data
dari guru tidak disajikan dalam bentuk akhir, tetapi dalam bentuk proses. Dengan model tersebut siswa didorong untuk mengidentifikasi apa yang ingin diketahui kemudian mencari informasi sendiri lalu mengorganisasi atau membentuk (konstruksi) apa yang mereka ketahui dan mereka pahami dalam suatu bentuk akhir. Model pembelajaran aktif yang dimaksud adalah .....
A. Project Based Learning
B. Discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry Learning
E. Contextual Learning

94. a. Tujuannya adalah terbentuknya manusia seutuhnya dan masyarakat seutuhnya.
b. Materi pembelajarannya mengandung kesatuan pendidikan jasmani-ruhani, mengasah kecerdasan intelektual-spritual-emosional, kesatuan materi pendidikan teoritis –praktis, kesatuan materi pendidikan pribadi-sosial-ketuhanan.
c. Proses pendidikannya mengutamakan kesatuan kepentingan anak didik dan masyarakat.
d. Evaluasi Pendidikannya mementingkan tercapainya perkembangan anak didik dalam bidang penguasaan ilmu, sikap, dan keterampilan.
Pernyataan tersebut di atas merupakan ciri – ciri pembelajaran .....
A. Holistik
B. Futuristik
C. Kontekstual
D. Direct learning
E. Inquiry Learning

95. Pembelajaran kontekstual merupakan sebuah konsep belajar mengajar dimana seorang guru menghadirkan situasi yang nyata didalam kelas serta melibatkan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang akan dipelajari. Sedangkan konsep pembelajaran futuristik lebih menekankan bagaiman mempersiapkan diri sehingga dapat memanfaatkan peluang yang terbuka di dalam era globalisasi. Sehingga trend pembelajaran dimungkinkan dengan siswa yang sudah membawa banyak informasi yang dakses dari luar kelas termasuk dunia maya. Dibawah ini yang bukan model pembelajaran yang merupakan aplikasi pembelajaran kontekstual antara lain adalah ….
A. Pembelajaran Contructivisme
B. Pembelajaran langsung (direct instruction),
C. Cooperative learning
D. Pembelajaran berbasis masalah
E. Problem based learning.

96. Dalam pembelajaran abad 21 pembelajaran berbasis TIK merupakan upaya memanfaatkan kemajuan TIK untuk mendukung proses pembelajaran. TIK berperan sebagai alat bantu bukan sebagai subyek utama. TIK berperan sebagai media penghubung untuk menyampaikan transfer ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik. Berikut ini contoh RPP yang tepat dalam memanfaatkan teknologi dan media informasi abad 21 adalah dengan menggunakan metode pembelajaran ….
A. Metode : ceramah dan diskusi, Media : gambar
B. Metode : diskusi, Tanya jawab dan penugasan, Media : audio visual /Video
C. Metode : Tanya jawab, ceramah dan penugasan, Media : audio
D. Metode ceramah, diskusi, Media : alam sekitar
E. Metode : diskusi, Tanya jawab dan penugasan, Media : buku siswa

97. Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan, yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk secara aktif menjadi pencari informasi, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan inti dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan santifik yang meliputi tahaan kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Tahapan dimana guru Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperhatikan hal-hal yang penting dari suatu benda atau objek pendidikan agama Islam, misalnya, menyimak video qiroah atau film Islami disebuta tahapan:
A. Mengamati
B. Menanya
C. Mengeksplorasi
D. Mengasosiasi
E. Mengomunikasi

98. Dalam kegiatan menanya guru melakukan kegiatan dengan membagikan kertas kepada setiap peserta didik dan mintalah mereka untuk menuliskan sebuah

pertanyaan tentang materi pokok yang telah atau sedang dipelajari, kemudian kertas dikumpulkan dan dibagi acak kepada peserta yang lain. Siswa diminta mmahami pertanyaan dan memikirkan jawabannya. Lalu guru menunjuk sukarelawan membaca soal dan mengutarakan jawabannya. Apa strategi pembelajaran yang digunakan guru tersebut:
a. Small Group Discussion (Diskusi Kelompok Kecil)
b. Everyone is a Teacher Here (Setiap Orang Menjadi Guru)
c. The Power of Two & Four (Menggabung 2 dan 4 Kekuatan)
d. Point-Counter Point (Beradu Pandangan sesuai Perspektif)
e. Poster Session (Membuat Poster)

99. Mengasosiasi atau memproses informasi untuk menemukan keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya, menemukan pola dari keterkaitan informasi dan bahkan mengambil berbagai kesimpulan dari kumpulan data yang telah ditemukan. Strategi yang dapat digunakan guru dalam kegiatan mengasosiasi pada model pembelajaran inquiry learning maupun problem based learning dengan cara Peserta didik menuangkan hasil diskusi dalam bentuk gambar atau poster :
a. Small Group Discussion (Diskusi Kelompok Kecil)
b. Everyone is a Teacher Here (Setiap Orang Menjadi Guru)
c. The Power of Two & Four (Menggabung 2 dan 4 Kekuatan)
d. Point-Counter Point (Beradu Pandangan sesuai Perspektif)
e. Poster Session (Membuat Poster)

100. Diantara pernyataan di bawah ini yang tidak tepat dengan proposisi implementasi TPACK pada Pendidikan Dasar dan menengah adalah ...
A. Implementasi CAI lebih rumit daripada implementasi CBI
B. Implementasi CAI adalah pembelajaran yang dibantu dengan komputer atau laptop dengan aplikasi microsoft office, microsoft power point, microsoft excel, dan lain-lain. Alat yang mungkin sering digunakan adalah komputer dan projector
C. Implementasi TPACK yang agak rumit dan membutuhkan kemampuan komputer lebih adalah menggunakan CBI
D. Implementasi TPACK pada Dikdasmen bisa dilakukan dengan 2 cara, di ruang kelas dengan menggunakan teknologi sebagai bagian dalam
pembelajaran dan di ruang global sebagai aplikasi dari implementasi teknologi data
E. Implementasi TPACK di ruang kelas bisa berbentuk CAI dan CBI

101. Keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya dilihat dari hasil belajar tetapi juga dilihat dari prosesnya. Guru perlu mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi dan lebih bersifat eksploraif, menggeser pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) menjadi student centered (berpusat pada siswa) serta mendorong siswa menjadi kreatif. Berikut ini yang bukan merupakan konsep pembelajaran yang sesuai dengan abad 21, adalah ...
A. Holistik
B. Kontekstual
C. Futuristik
D. Semua Benar
E. Semua salah

102. Sebagai guru mata pelajaran PAI, Ibu Ani melakukan penilaian tidak kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik, yang berusaha mengungkap kondisi nyata atau keadaan sesungguhnya yang berkaitan dengan kemampuan peserta didik. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa Ibu Ani telah melakukan penilaian ... .
A. Autentik
B. Sumatif
C. Diagnostik
D. Formatif
E. Evaluative

104. Pak faizin selalu mencatat tingkah laku yang tampak (kelebihan atau kekurangan) peserta didik kemudian beliau juga mempersiapkan lembar observasi agar peserta didik dapat menilai teman se bangkunya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan penilian yang utuh yang berkaitan dengan penilaian sikap peserta didik. dan dari hasil catatan tersebut bisa menjadi acuan penilaian sikap peserta didik. Dari ilustrasi diatas, dapat diketahui bahwa pak faizin menggunakan instrument penilaian sikap dalam bentuk……………..
A. Jurnal dan Penilaian diri
B. Observasi dan penilaian antar teman
C. Jurnal dan penilaian antar teman
D. Jurnal dan wawancara
E. Observasi dan penilaian diri

105. Ujian akhir semester (UAS) akan tiba, ibu Zulfa sebagai guru SKI berencana menyusun soal HOTS, yang mempunyai karakteristik antara lain yaitu :
A. Mengukur kemampuan level 1, level 2 dan level 3, berbasis kontekstual, menggunakan soal yang homogen
B. Mengukur kemampuan tingkatan C4, C5 dan C6, dan berbasis kontekstual, serta mengunakan beragam soal
C. Level kognitif pengetahuan dan pemahaman mencakup dimensi proses berpikir mengetahui (C1) dan memahami (C2). Ciri-ciri soal pada level 1 adalah mengukur pengetahuan faktual, konsep, dan procedural.
D. D. Level penalaran mencakup dimensi proses berpikir menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6).
E. Mengukur kemampuan level 1, level 2 dan level 3, berbasis kontekstual, menggunakan beragam soal

106. Soal HOTS merupakan instrument pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan tingkat tinggi, karakteristik soal HOTS salah satunya adalah sebagai berikut, kecuali….
A. Berbasis Kontekstual.
B. Menggunakan bentuk soal yang tunggal.
C. Bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan HOTS.
D. Proses penilaian terintegrasi dengan proses pembelajaran dan bersifat on going.
E. Bentuk soal yang banyak.

107. Pak Mahfudz sebagai guru mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 1 Surabaya, melaksanakan penilaian tengah semester terdiri atas (a) 40 soal pilihan ganda dengan option 5, bobot 40, dan (b) 5 soal uraian bobot 60. Seorang peserta didik bernama Hidayat mampu mengerjakan soal diatas dengan hasil berikut : A pilihan ganda = dijawab benar 35, salah 4, dan tidak dijawab 1. B uraian = dijawab benar (STP) 80 dari skor total maksimum (STM) 100. Berapakah total nilai yang diperoleh Hidayat, jika dihitung dengan menggunakan denda?
A. 75
B. 77
C. 82
D. 83
E. 85

108. Pak Mubin adalah guru baru di salah satu SD di kota Surabaya. Sekolah tersebut memiliki aturan untuk melaksanakan sholat dhuha berjamaah. Kaetika sholat beberapa siswa kelas III terlihat tidak focus dalam melaksanakan gerakan-gerakan sholat dengan benar. Melihat fenomena tersebut pak Mubin bermaksud ingin melakukan evaluasi terhadap kemampuan melakukan gerakan sholat yang dimiliki oleh siswa kelas III SD. Instrument apa yang cocok untuk mengukur evaluasi tersebut….
A. Soal Tes.
B. Lembar Penialaian Kinerja.
C. Lembar Penilaian Teman Sejawat.
D. Jurnal.
E. Lembar Pedoman Wawancara.

109. Dalam suatu pembelajaran, misalnya, suatu matapelajaran (SKI ) memiliki KKM 70. Seorang peserta didik bernama Nurhadi memperoleh nilai ujian formatif sebesar 60, karena Nurhadi belum mencapai KKM, maka Nurhadi harus mengikuti program remedial. Setelah Nurhadi mengikuti remedial ia mendapatkan nilai sebesar 90. Jika ketentuan remedial menggunakan nilai rerata dari nilai perolehan awal dan nilai tes setelah remedial, maka Nurhadi memperoleh hasil penilaian sebesar....
A. 90
B. 95
C. 80
D. 85
E. 75

110. Program remedial dapat dilaksanakan melalui bimbingan secara perorangan bila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Adaaun Bimbingan yang diberikan disesuaikan.....
A. tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik
B. tingkat kepahaman yang dialami oleh peserta didik
C. tingkat kesamaan kesulitan yang dialami secara kelompok
D. tingkat kepahaman yang dialami secara kelompok
E. tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik secara kelompok

111. Dalam pelaksanaan program pengayaan dapat dilakukan melalui berbagai metode, diantaranya yaitu dalam bentuk belajar mandiri dan belajar kelompok. Salah satu bentuk belajar mandiri yang merupakan kolaborasi dari program remedial dan pengayaan yaitu ...
A. Tugas Proyek dan Pemadatan Kuikulum
B. Tugas Proyek dan Penelitian Ilmiah
C. Tutor sebaya dan Pengembangan Latihan
D. Tutor Sebaya dan Penelitian Ilmiah
E. Tutor Sebaya dan Pemadatan Kurikulum

112. Di dalam sebuah kelas IV pada pembelajaran materi bertayammum, siswa sangat kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari-hari karena metode yang digunakan hanya berceramah, Bu Ima sebagai guru PAI mencoba untuk menggunakan metode pembelajaran yang lain yaitu menggunakan metode cooperative Team Teaching, dan hasil belajar yang diperoleh siswa sangat significant dan berhasil, langkah yang digunakan bu Ima adalah sesuai dengan……
A. Prinsip PTK
B. Tujuan PTK
C. Pengertian PTK
D. Karakteristik PTK
E. Ciri PTK

113. Setelah mengerahui latar belakang permasalahan kesulitan belajar siswa di kelas V, maka langkah selanjutnya yang dilakukan oleh Ibu Ima adalah …………..
A. Merumuskan Tujuan PTK
B. Merumuskan Permasalah PTK
C. Melakukan Tindakan yang akan dilakukan
D. Mencari Metode yang sesuai
E. Memilih Strategi Penelitian

114. Bu Ani adalah seorang guru Pendidikan Agama Islam di sebuah Sekolah Dasar Negeri. Saat pembelajaran di Kelas 6 semester 1 Pelajaran 1 tentang membaca Q.S al-Kafirun, ternyata hampir semua siswa mengalami kesulitan membaca dengan benar ayat-ayat dari Q.S al-kafirun seuai kaidah ilmu tajwid yang benar tentang Mad Jaiz Munfashil. Oleh karena itu Bu Ani akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk masalah ini.

Dari bacaan di atas solusi yang dilakukan oleh Bu Ani agar semua siswanya bisa membaca Q.S al-Kafirun sesuai kaidah ilmu tajwid Mad Jaiz Munfashil adalah..
A. Mengubah cara mengajar yang benar
B. Mengubah metode pembelajaran yang sesuai
C. Mengubah pendekatan pembelajaran yang sesuai
D. Mengubah langkah-langkah pembelajaran yang benar
E. Mengubah strategi pembelajaran yang sesuai

115. Setelah membuat proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Bu Ani membuat langkah-langkah PTK yang sistematik sebagai berikut …..
(1) Implementasi tindakan intervensi
(2) Laporan hasil penelitian
(3) identifikasi dan perumusan masalah
(4) Susunan organisasi tim penelitian
A. (3) (2) (1) (4)
B. (2) (3) (4) (1)
C. (3) (4) (1) (2)
D. (1) (2) (3) (4)
E. (3) (4) (2) (1)

116. Bu Ani akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengenai permasalahan belajar siswa kelas 6 tentang membaca Q.S al-Kafirun sesuai kaidah ilmu tajwid yang benar (Mad Jaiz Munfashil). Oleh karena itu Bu Ani akan membuat proposal terlebih dahulu. Adapun susunan langkah-langkah pembuatan proposal PTK adalah …..
(1) Tujuan Penelitian
(2) Kajian Teori
(3) Latar Belakang
(4) Lingkup Penelitian
(5) Rumusan Masalah
(6) Metode Penelitian
(7) Manfaat Penelitian
(8) Tindakan yang Dipilih
A. (3) (5) (8) (1) (4) (7) (2) (6)
B. (3) (8) (5) (1) (4) (7) (2) (6)
C. (3) (5) (8) (4) (1) (7) (2) (6)
D. (3) (5) (8) (1) (4) (2) (7) (6)
E. (6) (5) (8) (1) (4) (7) (2) (3)

117. Banyak tehnik yang dapat digunakan untuk melakukan pemantauan dalam penelitian tindakan kelas , penggunaan setiap Teknik tentu saja ditentukan oleh sifat dasar data yang dikumpulkannya.Riwayat tertulis,deskriptif,longitudinal tentang apa yang dikatakan atau dilakukan perseorangan dalam kelas anda dalam suatu jangka waktu dinamakan…
A. Catatan Anekdot
B. Catatan Lapangan
C. Deskripsi Perilaku Ekologis
D. Analisis Dokumentasi
E. Catatan Harian.

118. Persyaratan pengumpulan data,harus memiliki kriteria tertentu, seperti validitas,reliabili-tas,dan kegunaan .Juga harus memiliki Teknik pengumpulan data. Menurut pendapat Wolcot (1992) bahwa Teknik pengumpulan data,yaitu:
A. Pengalaman
B. Pengungkapan
C. Pembuktian
D. Semua jawaban salah
E. Semua jawaban benar

119. Dalam sebuah karya tulis yang sifatnya sistimatis, obyektif, cermat, tepat, benar, tidak persuasive, tidak argumentative, tidak emotif, tidak mengejar keuntungan sendiri dan tidak melebih-lebihkan sesuatu adalah ciri-ciri dari…
A. Tesis
B. Karya Ilmiah
C. Skripsi
D. Usulan Penelitian
E. Disertasi

120. Dalam sebuah karya tulis ilmiah selain mementingkan metodologi penulisan,syarat-syarat dari sebuah karya ilmiah penulisan juga harus menemukan paradigma baru tentang suatu ilmu,Karya tulis demikian disebut…
A. Simposium
B. Tesis
C. Disertasi
D. Usulan Penelitian
E. Karya Ilmiah

Semuga Bermanfaat....... !

 

Tags:
PPG
Link copied to clipboard.